Macam Macam Bentuk Ritual Pesugihan

bentuk ritual pesugihan

Berbagai macam bentuk ritual pesugihan bisa beragam jenisnya. Ritual pesugihan merupakan syarat wajib yang harus diikuti oleh seseorang yang hendak melakukan ngalap berkah. Ngalap berkah dengan meminta bantuan makhluk halus termasuk dalam kategori syirik, karena orang tersebut menggantungkan rezekinya dari bantuan syetan atau iblis.

Terkadang keberadaan sebuah ritual ini cukup membuat resah masyarakat, seperti halnya yang terjadi di daerah kaki Gunung Kemungkus Jawa Tengah. Ritual yang dilakukan di Gunung Kemungkus sedikit berbau "esek-esek", hal karena dalam prosesi ngalap berkahnya diharuskan untuk melakukan hubungan badan dengan pasangan lain jenis sehingga terkadang sering disalahgunakan sebagai tempat prostitusi ilegal.

Bentuk Ritual Pesugihan Di Indonesia

Sering kali langkah mencari kekayaan dengan pesugihan didasari oleh banyak motif antara lain, cepat kaya dengan cara instan dan mudah, jika berjualan atau berbisnis supaya dilancarkan, jika seseorang tersebut  gila kedudukan atau jabatan supaya dilancarkan dan lain-lain.

Berikut beberapa macam bentuk ritual pesugihan di Indonesia :

Pesugihan Dengan Memelihara Tuyul

Beberapa daerah di Pulau Jawa sering sekali menjadi tujuan orang untuk mencari rezeki dengan cara memelihara tuyul. Pesugihan lewat jalan memelihara tuyul juga bervariasi jenis, jenis-jenis tersebut bergantung pada kesepakatan mengenai besarnya penghasilan yang diinginkan tiap harinya. Untuk mendapatkan seorang tuyul bisa dilakukan dengan pemanggilan atau penarikan tuyul melalui perantara seseorang yang diyakini memiliki kekuatan spritual.

Pesugihan Dengan Monyet

Bagi kalangan pemuja ngalap berkah, siapa yang tidak tahu desa Ngujang Tulungagung. Daerah ini mudah dikenali jika anda masuk ke wilayah Tulungagung, anda cukup mencari keberadaan sebuah jembatan yang dihuni oleh sekumpulan monyet yang jumlahnya bisa mencapai ratusan.

Selain dihuni oleh sekumpulan monyet, jembatan ini konon juga menyimpan hal-hal yang berbau mistik. Konon menurut cerita, jembatan Ngujang sering dijadikan sebagai tujuan seseorang untuk melakukan pesugihan lewat monyet.

Pengen tahu ceritanya baca Pesugihan Monyet Di Ngujang Tulungagung

Pesugihan Dengan Ritual Seks

Pesugihan dengan ritual seks bisa anda temui di Gunung Kemungkus Sragen. Bahkan keberadaan cerita ini menarik minat salah satu jurnalis atau wartawan asing untuk melakukan peliputan khusus. Jurnalis asing tersebut dalam liputannya membahas tentang praktek-praktek pesugihan dengan ritual "esek-esek" di Gunung Kemungkus.

Pesugihan Dengan Bertapa atau Semedi

Pesugihan lelaku semedi adalah cara ngalap berkah dengan melakukan semedi baik itu di gua, makam, petilasan atau tempat-tempat yang dikatakan sakral atau wingit. Tempat-tempat tersebut dipercayai bisa memberikan keberkahan bagi orang yang berkunjung kesana.

Pesugihan Dengan Tumbal

Hampir semua pesugihan ilmu hitam selalu meminta adanya pemberian tumbal. Biasanya pemberian tumbal identik dengan mengorbankan nyawa orang lain. Tumbal yang diberikan bisa bermacam-macam tergantung syarat yang diajukan antara lain tumbal musuh, tumbah keluarga, tumbal janin atau tumbal umur.

Pesugihan Dengan Bulu Genderuwo

Pesugihan bulu genderuwo tidak mudah untuk dilakukan, butuh keberanian dari sang pelaku untuk mengambil 1 buah bulu dari genderuwo. Dalam ritual pemanggilan genderuwo syaratnya adalah memberi makanan berupa burung gagak yang sudah dimasak dan diletakkan pada sebuah pohon gayam. Dalam ritual pemanggilan tersebut sang pelaku juga diwajibkan untuk melepas semua pakaian yang dikenakan alias bertelanjang bulat.

Pesugihan Dengan Sate Burung Gagak

Burung gagak dipercaya sebagai makanan yang disukai oleh makhluk halus. Sama dengan pesugihan bulu genderuwo, pesugihan dengan sate gagak membutuhkan keberanian untuk bertatap muka langsung dengan makhluk halus. Untuk menjalankan ritual ini, sang pelaku harus berjualan sate burung gagak yang kemudian sate-sate tersebut konon akan dibeli oleh para makhluk halus.

Pesugihan Dengan Tukar Janin

Pesugihan tukar janin merupakan bentuk prosesi memindahkan janin untuk kemudian ditukar dengan uang atau harta perhiasaan. Janin yang dikandung akan diberikan kepada bangsa jin khususnya jin perempuan yang tidak memliiki keturunan. Beberapa syarat yang diwajibkan bagi sang pelaku pesugihan ini adalah janin yang dikandungnya merupakan kehamilan pertama dan harus Ikhlas serta tidak boleh diminta kembali.
Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Aturan Mengisi kolom komentar dibawah ini :

Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam pesan (kecuali itu permintaan admin).