Bingung Bagaimana Cara Memakai Testpack Ini Solusinya

Bingung Bagaimana Cara Memakai Testpack

Testpack merupakan salah satu alat tes yang sering digunakan seorang wanita untuk memastikan apakah benar bahwa dirinya mengalami kehamilan. Alat uji kehamilan ini banyak dipilih karena mudah dan harga belinya relatif terjangkau.

Selain mudah didapat di berbagai tempat minimarket dan harganya yang relatif terjangkau, keunggulan alat tes kehamilan jenis ini adalah hasil tes kehamilan bisa langsung diketahui pada saat hari itu juga. Hal ini jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan metode tes laboratorium yang butuh waktu sampai berhari-hari.

Pengertian Testpack

Testpack adalah alat uji kehamilan yang cara kerjanya mendeteksi indikator keberadaan hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) pada cairan urine. Di pasaran, beberapa merk testpack seperti merk Sensitif, merk HCG ataupun merk Onemed bisa anda temui dalam dua macam bentuk varian, yaitu testpack strip dan testpack compact.

cara menggunakan testpack sensitif
Bentuk Test Pack Model Strip Merk Sensitif
Sebenarnya untuk menguji kehamilan, tidak hanya dengan pengujian urine. Ada berbagai macam test kehamilan yang bisa digunakan sebagai alternatif, yaitu  dengan pengujian tes darah dan pengujian menggunakan alat pemindai ultrasound.

Cara Penggunaan Testpack Dengan Benar

Untuk mendapatkan hasil yang akurat terhadap penggunaan alat ini, ada beberapa panduan yang harus diperhatikan. Pertama tentu yang harus jadi fokus perhatian adalah keterangan expired yang terdapat pada alat tersebut. Jangan sampai anda menggunakan testpack yang sudah memasuki masa kadaluarsa karena hasil yang didapatkan pun akan sia-sia. Pastikan bahwa testpack yang anda beli di supermarket atau minimarket belum melewati masa kadaluarsa.

Cara Penggunaan Testpack Dengan Benar
Bentuk Test Pack Model Compact Merk Sensitif
Perhatikan dan baca secara seksama mengenai pedoman cara penggunaannya yang terdapat dalam kemasan testpack. Sesuai dengan penjelasan diatas bahwa testpack terdiri dari berbagai bentuk varian, baik yang model strip ataupun model compact. Testpack model compact memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan model strip, yaitu sudah terdapat wadah penampung cairan urine sehingga anda tidak perlu repot repot menyediakannya.

Untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana cara menggunakan testpack dengan benar, berikut runtutan panduan yang dianjurkan:
  1. Dianjurkan dalam pemilihan testpack, pilihlah yang model compact karena lebih praktis. Namun jika tidak ada, menggunakan model strip pun tidak apa-apa.
  2. Untuk pengujian kehamilan dengan metode ini, disarankan waktu penggunaannya pada saat pagi hari.
  3. Sebelum menggunakan alat ini, sebaiknya terlebih dahulu disarankan untuk minum air putih secukupnya untuk melancarkan proses buang air kecil. Namun ingat terlalu banyak minum air putih pun tidak disarankan karena memyebabkan urine terlalu cair sehingga mempengaruhi keakuratan hasil test.
  4. Jika anda menggunakan model strip, terlebih dahulu untuk mempersiapkan wadah penampung urine. 
  5. Jika sudah siap, silahkan tampung cairan urine anda pada tempat yang sudah anda sediakan tadi.
  6. Untuk penggunaan testpack model strip, anda cukup celupkan alat tes tersebut pada wadah penampung urine kira-kira sekitar 10-15 detik. Sedangkan alat tes model compact, anda cukup tetes urine pada bagian wadah penampung urine yang sudah tersedia pada alat tersebut.
  7. Ingat dalam pengujian kehamilan dengan metode ini, perhatikan juga bahwa pada saat anda mencelupkan alat tersebut usahakan tinggi air urine tidak melebihi garis maksimal yang terdapat pada alat tersebut dan jangan sampai terbalik dalam peletakannya.
  8. Setelah proses pencelupan tersebut, angkat kembali testpack dan diamkan kurang lebih 1-3 menit untuk mengetahui hasil pengujian kehamilan.
  9. Jika kemunculan garis hanya 1 (satu), maka hasil test kehamilan anda bernilai negatif atau dapat dikatakan anda tidak sedang hamil. Namun jika muncul 2 (dua) garis, maka hasil tes tersebut bernilai positif atau anda dinyatakan hamil.
  10. Jika tidak terdapat kemunculan bentuk garis apapun berarti ada yang salah dalam proses pengujian yang anda lakukan atau bisa saja terjadi kerusakan pada testpack anda.
  11. Untuk lebih meyakinkan kembali, ada baiknya anda melakukan pengujian secara berkala selama satu bulan setelah pengujian pertama.
Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Aturan Mengisi kolom komentar dibawah ini :

Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam pesan (kecuali itu permintaan admin).