Menstruasi Anda Tidak Lancar Mungkin Ini Penyebabnya

Menstruasi Anda Tidak Lancar Mungkin Ini Penyebabnya

Menstruasi yang dialami wanita normalnya berlangsung secara teratur. Dikatakan teratur karena siklus datang bulan ini terjadi tiap satu bulan sekali atau lebih tepatnya 28 hari. Datang bulan mudah untuk dikenali, karena kemunculannya selalu disertai dengan gejala-gejala seperti emosi yang meningkat, diare, sakit kepala dan rasa nyeri pada bagian tubuh.

Haid yang teratur dan normal tidak perlu untuk ditakuti namun harus disyukuri karena dengan adanya haid secara tidak langsung tubuh seorang wanita mengalami penyeimbangan kondisi dan pembersihan darah kotor.

Apa Itu Menstruasi Tidak Lancar

Normalnya siklus datang bulan berkisar 21-36 hari atau jika diambil rata-rata kurang lebihnya 28 hari. Untuk lama menstruasi sendiri sekitar 3-7 hari, darah yang keluar tidak berbau dan volume pendarahan tidak sampai 100 ml dalam sehari. Jika mendapati haid anda yang tidak berjalan normal bisa jadi ada beberapa gangguan sehingga menyebabkan haid anda tidak lancar.

Ketidaklancaran dalam siklus menstruasi biasanya dikarenakan kekurangan hormon estrogen dan hormon progesteron. Hormon estrogen dan hormon progesteron yang terdapat pada wanita berperan penting dalam mengatur siklus datang bulan dan sekaligus sebagai pengatur metabolisme tubuh.

Gejala Menstruasi Menjadi Tidak Lancar

Datang bulan dikatakan tidak lancar atau teratur bisa diketahui dengan melihat tanda atau gejalanya. Biasanya tanda-tanda datang bulan tidak lancar disertai dengan rasa sakit di daerah sekitar pinggang, keluarnya darah secara berlebihan dan rasa pusing. Ada pun tanda atau gejala lainnya adalah sebagai berikut:

Menstruasi Datang Lebih Cepat Dari Waktu Yang Semestinya

Mewaspadai kedatangan haid yang lebih cepat dari waktu yang semestinya itu perlu, karena bisa jadi disebabkan oleh adanya kelainan atau penyakit seperti gangguan kelenjar endokrin ataupun kanker. Datang bulan yang lebih cepat dari waktu yang semestinya bisa juga mengakibatkan keguguran, kurang darah (anemia) dan pengaruh lainnya pada kehamilan.

Warna dan Bau Darah Menstruasi Tidak Pada Umumnya

Ketika haid, darah yang keluar pada umumnya tidak berbau dan warnanya merah gelap dengan bercak sedikit kemerah-merahan. Apabila pada saat haid, darah yang keluar tidak pada umumnya seperti darah berwana merah muda, hitam atau ungu bisa dijadikan pertanda bahwa haid anda tidak lancar.

Terlambat Datang Bulan

Terlambat datang bulan bisa jadi pertanda anda mengalami kehamilan. Namun apabila terlalu sering atau bahkan lebih dari 3 kali hal ini perlu diwaspadai. Segera lakukan pemeriksaan secara komprehensif ke dokter kandungan atau bidan terdekat.

Lama Durasi Menstruasi Mengalami Perubahan

Durasi menstruasi yang lebih lama dari yang semestinya 7 hari juga bisa dikatakan datang bulan yang tidak lancar. Hal ini sering kali menimbulkan kekhawatiran, karena secara otomatis wanita yang haidnya tidak teratur akan mengalami kekurangan darah dan sekaligus memberi dampak pada kesuburan wanita.

Amenorrhea

Amenorrhea adalah gangguan atau kelainan yang menyebabkan seorang wanita tidak mengalami masa datang bulan sebagaimana mestinya.

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Wajar bagi seorang wanita merasa resah ketika masa menstruasinya berlangsung secara tidak lancar. Menstruasi tidak lancar bisa dicegah dan diobati secara medis. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya menstruasi tidak lancar terjadi pada wanita antara lain:

Obesitas (Kegemukan)

Haid tidak teratur bisa disebabkan karena kegemukan atau obesitas. Berat badan yang berlebihan bisa menjadi pemicu terjadinya hipertiroidisme. Hipertiroidisme adalah satu jenis penyakit tiroid, dimana kelenjar tiroid pada penderita menghasilkan terlalu banyak hormon. Hipertiroidisme disinyalir sebagai penyebab seorang penderita khususnya wanita mengalami haid tidak teratur.

Menderita Sakit

Seorang wanita yang sedang mengalami sakit, apalagi proses penyembuhannya membutuh waktu yang lama bisa menjadi penyebab haid tidak lancar. haid tidak lancar yang disebabkan hal ini hanya bersifat sementara, ketika nanti anda sembuh maka siklus menstruasi akan kembali berjalan normal seperti biasa.

Berat Badan Terlalu Kurus

Jangan beranggapan bahwasana berat badan yang kurus tidak akan mengalami permasalahan haid. Berat badan terlalu kurus bisa menjadi penyebab terjadinya datang bulan tidak lancar. Berkebalikan dengan kegemukan yang cenderung berpontensi menghasilkan banyak hormon, berat badan yang terlalu kurus malah bisa menyebabkan permasalahan kesehatan pada wanita dimana tubuh mengalami kekurangan hormon.

Stres

Stres bisa disebabkan karena kondisi tubuh sedang dalam tekanan sehingga mempengaruhi sisi fisik dan psikologi seseorang. Dampak stres bagi seorang wanita bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar.

Konsumsi Obat-Obatan

Dalam dunia medis, ada beberapa obat yang secara khusus jika dikonsumsi bisa mempengaruhi siklus menstruasi, antara lain obat antidepresi, obat penghilang rasa gatal, obat antipsikotik, dan lain-lain. Disarankan sebelum menggunakan obat-obatan terlebih dahulu untuk membaca keterangan efek samping yang tertera di dalam kemasan obat.

Kontrasepsi (Pil KB)

Kontrasepsi (pil KB) bertujuan untuk mengendalikan kehamilan namun Penggunaan pil KB juga bisa menimbulkan efek samping yang menyebabkan menstruasi mengalami keterlambatan. Silahkan konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan terdekat agar memperoleh alternatif lain untuk tujuan pengendalian kehamilan.

Berolahraga

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang direkomendasikan para ahli medis yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun jika hal itu dilakukan secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Apalagi jika hal itu dilakukan oleh wanita yang tiap bulannya selalu mengalami menstruasi.

Pra Menopause

Masa menopause kebanyakan terjadi pada wanita dengan rentan usia 40 tahun sampai 50 tahun. Menopause disebabkan karena terjadi perubahan pada kualitas kadar hormon reproduksi wanita. Sehingga ketika akan memasuki masa menopause biasanya menstruasi menjadi tidak lancar.

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik dikarenakan adanya ketidaksembangan hormon seks pada wanita. Seorang wanita yang mengalami hal demikian, ovulasi yang terjadi tidak berjalan dengan teratur sehingga menjadi penyebab keterlambatan haid.

Hamil dan Menyusui

Biasanya haid yang tidak teratur bisa disebabkan oleh kehamilan. Segeralah untuk melakukan test pengujian kehamilan, jika ternyata hasil menyatakan positif maka langkah selanjutnya adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Pada kasus wanita yang sedang menyusui wajar bilamana siklus menstruasinya mengalami gangguan. Kondisi ini akan kembali normal setalah anda berhenti menyusui.
Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Aturan Mengisi kolom komentar dibawah ini :

Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam pesan (kecuali itu permintaan admin).