Penyakit Kanker Penyumbang Kematian Kedua Di Indonesia

Penyakit Kanker Penyumbang Kematian Kedua Di Indonesia

Perlu untuk diketahui oleh anda, bahwa sebenarnya di dalam tubuh setiap manusia telah terdapat sel kanker. Namun, dalam perkembangan usia dari manusia sendiri, sel kanker tersebut dapat menjadi sesuatu yang mematikan. Kanker atau Neoplasma ganas sering dikenal oleh masyarakat awan terutama di negara berkembang sebagai sebuah tumor. Tumor adalah sebuah benjolan tidak normal yang ada di tubuh. Akan tetapi tidak semua tumor itu bisa dikatakan sebagai kanker, hanya varian tumor ganas saja yang bisa disebut kanker. Kalau anda amati rata-rata orang yang terserang oleh kanker cenderung dikarenakan pola hidup tidak sehat yang dilakukannya. Entah bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, atau hal-hal lain yang fungsinya sebagai pemicu perkembangan sel kanker itu sendiri.

Di artikel kesehatan tentang penyakit kanker penyumbang kematian kedua di Indonesia kali ini akan dijelas hal-hal umum berkaitan dengan kanker, gejala-gejala penyakit kanker sampai dengan hal-hal yang menyebabkan kanker. Untuk itu alangkah baiknya apabila anda mengerti terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kanker.

Advertisement : Shop Amazon Fashion - 30% Off Coats, Sweaters, Sleepwear, & Moreamazon

Pengertian kanker secara umum :

Berdasarkan situs Wikipedia pengertian kanker adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk :
  1. Tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
  2. Menyerang jaringan biologis di dekatnya.
  3. Bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.
Sedangkan dari situs Yayasan Kanker Indonesia (YKI), yang dimaksud dengan kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

Gejala-gejala kanker secara umum :

Secara sederhana untuk mengetahui bahwasana tubuh anda terdapat atau terindikasi penyakit kanker sangatlah mudah. Gejala yang ditimbulkan sangat mudah untuk dikenali oleh manusia awam. diantaranya :
  1. Gangguan atau perubahan pada kebiasaan anda membuang air besar dan air kecil.
  2. Terdapat gangguan pada alat pencernaan dan kesusahan dalam menelan makanan atau minuman.
  3. Terdapat benjolan di sekitar daerah payudara, atau daerah lainnya
  4. Keluarnya darah atau cairan lendir yang tidak normal pada tubuh
  5. Adanya borok atau luka sejenis yang tidak kunjung sembuh
  6. Suara serak atau batuk yang berlarut-larut tidak sembuh
  7.  Adanya tahi lalat yang semakin hari semakin membesar
Bagi anda yang mungkin mengalami gejala-gejala seperti yang tersebut diatas, ada baiknya untuk menanyakan atau periksakan kesehatan anda ke dokter.

Advertisement : Shop Amazon Fashion - 25% Off Shoes, Boots, & Moreamazon

Hal-hal yang menjadi penyebab kanker :
  1. Adanya zat-zat kimia yang dikonsumsi oleh tubuh.
  2. Sinar ultra violet atau sinar radio aktif 
  3. Virus
  4. Hormon
Demikian ulasan artikel tentang penyakit kanker penyumbang kematian kedua di Indonesia diatas, bisa menjadi referensi bagi anda untuk lebih mengenal apa itu kanker, gejala-gejala terindikasi kanker secara umum dan faktor yang menyebabkan resiko penyakit kanker. Mulai sekarang kenalilah tubuh anda sendiri dan tanamkan untuk selalu hidup sehat.

Jangan lupa beri KOMENTAR dan klik tombol LIKE atau SHARE jika artikel kesehatan berikut ini bermanfaat dan layak untuk disebarkan sebagai informasi kesehatan kepada teman anda.
Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Aturan Mengisi kolom komentar dibawah ini :

Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam pesan (kecuali itu permintaan admin).