Pengertian Obat analgesik Non Narkotik

paracetamol analgesik non narkotik

Pada artikel sebelumnya tentang pengertian obat analgesik telah dijelaskan bahwa obat jenis analgesik adalah obat sebagai penghilang atau pereda rasa nyeri pada tubuh. Untuk itu guna memperdalam wawasan tentang obat analgesik, pada artikel kali ini ceritasaja.info akan menjelaskan tentang golongan-golongan obat analgesik terutama mengenai pengertian obat analgesik non narkotik. Obat analgesik non narkotik adalah jenis obat analgesik yang tidak mengandung narkotika dan sedkit atau tidak sama sekali mengandung aktifitas anti inflamasi (peradangan). Obat analgesik non narkotik tidak menyebabkan ketergantungan pada tubuh yang disebabkan oleh pemakaian dari obat tersebut. Obat analgesik non narkotik banyak digunakan untuk mengurangi rasa nyeri atau sakit dengan skala kecil sampai menengah. Obat jenis ini dapat anda jumpai pada obat-obatan penurun panas atau demam.

Untuk jenis obat-obatan yang tergolong obat analgesik non narkotik diantaranya adalah :

Paracetamol
Merupakan obat penurun panas atau demam, sakit kepala dan rasa nyeri stadium ringan. Paracetamol merupakan senyawa aktif fenasetin yang tidak memiliki sifat karsinogenik yang menyebabkan kanker. Paracetamol sedkit atau relatif kecil sekali mengandung aktifitas anti inflamasi sehingga tidak masuk dalam golongan obat anti inflamasi non steroid (NSAID).

Keberadaan paracetamol sendiri dalam hal pemakaian di Indonesia merupakan pengganti dari asam salisilat atau aspirin yang kini dilarang penggunaannya terutama untuk anak-anak. Parasetamol sebaiknya tidak digunakan terlalu lama atau dalam dosis yang tinggi karena dapat menimbulkan kerusakan fungsi hati.

Ibuprofen
Sejenis obat yang tergolong dalam obat analgesik non narkotik, namun jenis obat ini sangat tidak disarankan untuk pemakaian pada ibu hamil dan menyusui. Ibuprofen sering sekali digunakan sebagai obat pereda sakit otot, nyeri haid, selesma, flu dan sakit selepas pembedahan. Ibuprofen juga tidak dianjurkan pemakaiannya pada penderita demam berdarah karena bisa menyebabkan pendarahan pada lambung dan gangguan pada proses pembekuan darah.

Asam Mefenamat
Asam mefenamat adalah obat penghilang rasa nyeri atau sakit dan termasuk golongan obat analgesik non narkotik. Asam mefenamat sangat tidak dianjurkan pemakaiannya pada penderita luka lambung karena sifatnya yang cenderung bisa membuat iritasi pada lambung. Pemakaian obat ini sering kita jumpai pada wanita yang mengalami rasa nyeri yang disebabkan oleh menstruasi karena dapat mengurangi kontraksi uterus (uterus berkontraksi untuk mengeluarkan “darah kotor” yang terjadi saat menstruasi, dan kontraksi uterus ini yang menyebabkan rasa nyeri).

Demikian ulasan singkat artikel tentang pengertian obat analgesik non narkotik. Semoga bisa menambah wawasan anda dalam hal informasi kesehatan dan menjadi rujukan bagi anda jika sewaktu-waktu mengalami gejala rasa nyeri pada tubuh.

Jangan lupa beri KOMENTAR dan klik tombol LIKE atau SHARE jika artikel kesehatan berikut ini bermanfaat dan layak untuk disebarkan sebagai informasi kesehatan kepada teman anda.
Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Aturan Mengisi kolom komentar dibawah ini :

Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam pesan (kecuali itu permintaan admin).