Dampak Lingkungan Terhadap Kesehatan Ibu Hamil

Dampak Lingkungan Terhadap Kesehatan Ibu Hamil

Terkadang oleh sebagian besar ibu hamil, kurang begitu perhatian terhadap kesehatan lingkungan. Padahal dampak dari sebuah lingkungan yang sehat sangat penting dalam mendukung kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Tanpa disadari lingkungan sekitar belum tentu memenuhi syarat sebagai lingkungan yang sehat. Oleh karena itu, disarankan kepada ibu hamil untuk dapat bersikap lebih bijak dalam menkondisikan lingkungan yang sehat untuk kesehatannya selama masa kehamilan.

Untuk menyikapi pengaruh lingkungan terhadap pola hidup yang sehat bagi ibu hamil, anda perlu mengetahui tentang apa saja faktor yang menjadi indikasi bahwa lingkungan yang anda tempati itu sehat.

Faktor indikasi lingkungan itu sehat

Lingkungan yang sehat dapat kita amati dengan mudah, karena anda hanya cukup memperhatikan kondisi keadaan udara dan kualitas air pada tempat tinggal anda. Berikut ini sedikit ulasan tentang bagaimana cara mendeteksi apakah lingkungan anda benar-benar sehat :

1. Indikator kondisi udara

Udara yang baik dan sehat ditandai masih segar dan alami, tidak terkena polusi. Berikut ciri-ciri lingkungan dengan udara yang sehat untuk ibu hamil. Udara yang terkontaminasi asap polusi ataupun produk kimia yang berbahaya dapat menyebabkan kerusakan otak pada janin, menyebabkan keracunan, mual, muntah, detak jantung cepat pada ibu, dll.
  • Lingkungan sekitar masih banyak dijumpai pepohonan
  • Lingkungan sekitar bersih dari asap kendaraan
  • Lingkungan sekitar jauh dari polusi asap pabrik
  • Lingkungan sekitar bersih dari asap rokok
  • Lingkungan sekitar jauh dari tempat pembuangan akhir sampah
  • Lingkungan sekitar jauh dari paparan racun kimia berupa gas berbahaya, seperti gas asap car, thinner, pernis kayu, pestisida, dll.
  • Lingkungan sekitar tidak menggunakan bahan-bahan kimia rumah tangga yang berbau kuat, seperti obat nyamuk, pencuci toilet, pemutih pakaian, dll. Sebaiknya Anda ganti bahan-bahan kimia tersebut dengan bahan yang alami.

2. Indikator kondisi air

Air merupakan salah satu sumber kehidupan makhluk hidup. Sudah sewajibnya kita selalu menjaga kondisi kebersihan dan kesehatan air demi kelangsungan hidup kita. Air yang sehat memiliki tanda jernih, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Berikut ini beberapa syarat lingkungan dengan air yang sehat untuk ibu hamil.

Air yang tercemar dan kotor dapat membahayakan kehamilan dan kesehatan janin. Air yang kurang atau tidak sehat dapat menyebabkan keracunan, diare, dan gangguan terhadap janin. Untuk mengantisipasi air yang kurang sehat maka Anda perlu merebus air sampai mendidih sebelum Anda mengonsumsinya.
  • Sumber air, seperti sumur jauh dari septic tank. Jadi, air tidak keruh, tidak berbau, tidak mengandung bakteri.
  • Lingkungan sekitar tidak dekat dengan sungai yang tercemar limbah pabrik. Air tidak mengandung unsur kimia yang berbahaya.
  • Air pam yang Anda gunakan tidak mengandung timbal tingkat tinggi. Air tidak mengandung racun.
  • Air dengan derajat keasaman (PH) yang netral, yaitu sekitar 6,5–8,5.
Kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan merupakan kewajiban. Menjaga kesehatan ibu hamil bisa dilakukan dengan berbagai cara di antaranya bisa dengan pola makan sehat, mengkonsumsi makanan sehat dan hindari aktivitas yang dapat menimbulkan resiko keguguran dan resiko lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
5 Agustus 2015 pukul 16.54 delete

Banyak sekali dampak buruk yang terjadi akibat lingkungan yang kurang baik.
Dibutuhkan kerjasama yang baik oleh masyarakat banyak untuk terciptanya lingkungan yang baik.

Ingat, bumi hanya 1. Jika hancur, dimana anda akan tinggal?

Bantu kami Greenpack untuk mengganti styrofoam dan plastik. Lebih lengkap tentang kami dapat anda lihat www.greenpack.co.id.

Reply
avatar

Aturan Mengisi kolom komentar dibawah ini :

Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam pesan (kecuali itu permintaan admin).