Tips Pola Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

Tips Pola Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

Menjaga pola makan yang sehat bagi ibu hamil adalah sesuatu hal yang penting. Menjadi seorang ibu hamil adalah dambaan bagi setiap wanita, untuk itu dalam hal ini kebutuhan asupan gizi juga perlu diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap kondisi sang ibu dan perkembangan bayi dalam kandungan.

Beberapa sumber gizi bagi ibu hamil mencakup berbagai makanan yang kaya akan protein, makanan yang bertepung, buah-buahan, sayur-sayuran serta susu. Dalam kondisi sedang mengandung, kebanyakan ibu hamil akan mengalami rasa mual dan sakit di pagi hari. Untuk itu disarankan agar anda mengkonsumsi beberapa makanan ringan ataupun buah-buah.

Baca juga artikel ini :

Tips Pola makanan sehat

Perhatian akan pola makan yang sehat sangat diperlukan, apalagi bagi anda para wanita muda yang sedang mengalami masa kehamilan perdana. Karena mengkonsumsi makanan tidak sehat sangat rentan akan mengalami keguguran. Berikut ini tips bagi ibu hamil dalam menjaga pola makanan sehat yang bisa anda pergunakan sebagai panduan.

1. Rencanakan program diet makanan yang seimbang

Melakukan program diet makan yang seimbang. Dalam beberapa kasus tertentu berlaku pengecualian, dimana anda bisa terus makan secara normal selama masa kehamilan. Rancangan diet seimbang anda nanti, haruslah mencakup makanan biasa dan makanan ringan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, kacang kering dan miju-miju, daging tanpa lemak, roti gandum dan sereal, buah segar, sayuran, dan sejumlah kecil makanan berlemak tinggi.

Tahukah anda bahwa selama masa kehamilan, sistem pencernaan anda menjadi lebih efisien dalam menyerap nutrisi tertentu. Oleh karena itu, tidaklah perlu bagi anda untuk makan dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya hanya untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang Anda butuhkan.

2. Jauhi beberapa makanan tertentu yang menjadikan pantangan

Selama masa kehamilan, sangat dianjurkan bagi anda untuk menghindari telur mentah, sushi, jus yang tidak dipasteurisasi, ikan todak dan ikan tilefish. Alkohol, tembakau, kopi dan minuman yang mengandung kaffein tinggi sebaiknya jangan dikonsumsi walaupun mungkin jenis makanan ini adalah kegemaran anda. Kemudian apabila anda suka keju, periksa terlebih dahulu, apakah terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi. Bila terbuat dari susu jenis itu, janganlah dikonsumsi!

Ingat tubuh anda semasa hamil menjadi lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit, terutama dari makanan sehari-hari anda. Janganlah lupa mencuci sampai bersih buah-buahan dan sayuran yang hendak dikonsumsi.

3. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi

Mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung zat besi. Menjadi seorang ibu hamil, menyebabkan anda kekurangan zat besi, sehingga anda harus makan lebih banyak makanan yang mengandung zat nutrisi ini. Jauhi minum kopi di pagi hari atau teh disore hari karena akan membuat tubuh anda sulit untuk menyerap zat besi. Selain mengkonsumsi suplemen, nutrisi ini dapat anda temukan pada daging segar, buah kering, makanan bertepung gandum, sayuran berdaun hijau, roti, serta kacang-kacangan.

4. Konsumsilah makanan camilan yang bergizi

Pada wanita hamil sering kali merasakan lapar hampir setiap hari dan itu lumrah karena memang telah menjadi kebiasaan yang sering dialami kebanyakan ibu hamil lainnya. Apabila rasa ini mendera anda pada waktu antara jam makan anda, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan camilan yang bergizi. Disarankan juga untuk mengkonsumsi buah-buahan segar, jus buah tanpa gula, roti dengan humus, yoghurt dengan kadar lemak rendah, roti pita diisi dengan keju parut dan tuna yang ditumbuk, kismis, salad, dan wortel. Apabila menginginkan roti sebagai camilan, pilih yang berjenis gandum karena nutrisi dan serat yang terkandung dalam roti jenis ini.

5. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat

Mengkonsumsi lebih banyak jenis makanan yang mengandung asam folat sangat baik bagi ibu hamil. Karena makanan yang mengandung asam folat sangat dibutuhkan dalam jumlah yang lebih besar pada masa kandungan anda. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini dapat mengurangi resiko terjadinya cacat lahir. Vitamain asam folat ini selain dapat dengan mudah didapatkan dari berbagai jenis produk suplemen, anda juga dapat menemukan jenis vitamin ini pada sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji bunga matahari, buah-buahan, sereal, kacang, dan biji-bijian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Aturan Mengisi kolom komentar dibawah ini :

Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam pesan (kecuali itu permintaan admin).