Pesugihan Gunung Kemukus Sragen Jawa Tengah

Pesugihan Gunung Kemukus Sragen Jawa Tengah


Beredarnya sebuah video jurnalistik dari seorang wartawan asing televisi SBS One berjudul 'Welcome to Sex Mountain' yang mengulas tentang bagaimana praktek pesugihan yang berbau unsur protistusi atau "esek-esek" di sebuah gunung di Pulau Jawa. Gunung Kemungkus terletak di desa Kebayanan Barong Kabupaten Sragen Jawa tengah. Untuk akses ke Gunung Kemungkus tidak lah sulit, ada dua jalus akses untuk menuju kesana.

Jalur pertama bisa melalui daerah Gondangrejo Karanganyar, namun untuk akses dengan jalur ini disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Di karena tidak ada angkutan umum yang melewati daerah tersebut atau bisa juga dengan menggunakan ojek warga sekitar untuk diantar ke Gunung Kemungkus.

Jalur kedua dari Solo bisa naik bus jurusan Purwodadi dan turun di Belawan, dari situ di sebelah kiri jalan akan ditemukan pintu gerbang yang bertuliskan "Daerah Wisata Gunung Kemukus", dari gerbang tersebut kita bisa naik ojek atau berjalan kaki. Bila air waduk Kedung Ombo meluap, maka untuk mencapai daerah tersebut harus menggunakan perahu dengan tarif sebesar Rp5000 perorangnya.

Dalam video yang berdurasi sekitar 14 menit tersebut, terlihat jelas bahwa praktek pesugihan dengan "embel-embel" prostitusi sudah sangat masif dan berlangsung lama. Menurut sumber dari penduduk sekitar bahwa untuk melakukan ritual pesugihan di Gunung Kemungkus berlaku suatu aturan yang tidak resmi  yaitu diwajibkan bagi setiap peziarah harus berziarah ke makam Pangeran Samudro sebanyak tujuh kali yang biasanya dilakukan pada Kamis Pahing atau Kamis Wage atau pada hari-hari dan bulan yang diyakini baik. dan harus dilengkapi dengan melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang bukan suami atau istrinya.

Ritual berbalut kenikamatan sesat untuk memperoleh kekayaan dengan jalan sesat itu ada resikonya. Banyak juga yang berhasil namun ada juga yang gagal. Biasanya setelah melakukan hubungan intim dengan orang lain yang bukan pasangan sahnya, jika berhasil mereka berdua harus bertemu lagi untuk melakukan selamatan dan syukuran di Gunung Kemukus itu kembali.

Kisah ritual berbalut kenikmatan sesat seperti ini konon dilatarbelakangi oleh cerita cinta terlarang Pangeran Samudro yang dipercaya sebagai keturunan Raja Majapahit kepada ibu tirinya, Dewi Ontrowulan. Keduanya kemudian diasingkan ke Gunung Kemukus.

Gunung Kemungkus sangat terkenal sebagai salah satu tempat terdasyat untuk mencari pesugihan di Pulau Jawa. Selain tentunya pesugihan Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong, pesugihan Gunung Kawi, dan pesugihan Munding Seuri Gunung Gede Cibodas Jawa Barat.
Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Aturan Mengisi kolom komentar dibawah ini :

Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam pesan (kecuali itu permintaan admin).