Ide Gila Doktor Gamal Dalam Menggagas Klinik Asuransi Sampah

Dr. Gamal Albinsaid
Gambar : Dr. Gamal Albinsaid

Sebuah bentuk dedikasi doktor muda yang satu ini terhadap rasa kemanusiaan patutlah di apresiasi. Sebuah gagasan yang dapat menyelesaikan dua masalah secara bersamaan yaitu masalah kesehatan dan masalah lingkungan. Melalui gagasannya yang berupa "Klinik Asuransi Sampah" Doktor Gamal Albinsaid memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tanpa di pungut biaya. Masyarakat cukup dengan hanya menyetorkan botol plastik, kardus dan sampah dalam bentuk lainnya kepada Klinik Asuransi Sampah sebagai bentuk premi sampah atau asuransi sampah dan mereka bisa menikmati berbagai fasilitas pelayanan kesehatan primer.


 Ide awal gagasan program asuransi kesehatan ini didasari dari fenomena permasalahan kesehatan  yang dimana sekitar 80% masyarakat Indonesia tidak punya akses pelayanan kesehatan bahkan pembiayaan per kapita untuk kesehatan di Indonesia saja masih seperti 1/3 dari Thailand dan 1/4 dari malaysia. Maka pada tahun 2010 bersama teman-temannya inilah Doktor Gamal membentuk sebuah organisasi wirausaha kesehatan yang bernama "Indonesia Medika" dengan program andalan asuransi sampah tentunya. Mekanisme pembiayaan asuransi disini tentu berbeda dengan asuransi yang pada umumnya, Kalau orang sering mendengar premi asuransi itu dibayarkan dengan nominal uang, namun di Klinik Asuransi Sampah disini wujud pembayarannya adalah sampah.

Dana yang terkumpul dari penyetoran sampah oleh masyarakat digunakan untuk kegiatan pelayanan kesehatan secara menyeluruh, yaitu pengobatan jika pasien sakit (kuratif), Melakukan program peningkatan kualitas kesehatan (promotif, ex: penyuluhan, konsultasi gizi, pembagian buku, dll), mencegah terjadinya sakit (preventif), dan rehabilitatif (home visit, kontrol diabetes, dll). Dan saat ini di Kota Malang, model asuransi kesehatan ini tengah dikembangkan di 5 klinik dengan total 500 lebih member aktif.

Dr. Gamal A. dan Pangeran Charles
Gambar : Dr. Gamal A. dan Pangeran Charles
Berkat program asuransi sampah ini, awal tahun 2014 dokter Gamal memperoleh gelar the prince of Wales young sustainability entrepreneur. Penghargaan tersebut diberikan oleh Unilever dan Universitas Cambridge di Inggris kepada wirausahawan muda yang peduli pada masalah sosial dan lingkungan. Penghargaan disematkan oleh Pangeran Charles di Istana Buckingham.


----- VIDEO 360 METRO TV -----




Sumber : news.liputan6.com
Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Aturan Mengisi kolom komentar dibawah ini :

Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam pesan (kecuali itu permintaan admin).