Samsung Galaxy S6 vs iPhone 6

Perbedaan Samsung Galaxy S6 vs iPhone 6

Ceritasaja - Samsung Galaxy S6 vs iPhone 6. Samsung meluncurkan  smartphone seri terbaru dengan nama Samsung Galaxy S6. Produk keluaran terbaru Samsung kali ini semakin menambah persaingan di pasar 'ponsel pintar'.

Jika di lihat dari statistik tahun lalu, pasar ponsel pintar sangat didominasi oleh produk-produk keluaran Apple, terutama untuk segmen high-end Samsung dihajar abis oleh Apple dengan IPhone 6 dan IPhone 6 Plus.

Bagi yang belum begitu paham tentang perbedaan apa yang dimiliki oleh kedua ponsel pintar pabrikan Samsung dan Apple. Ceritasaja.info akan secara khusus membahas kedua produk ini, baik dari segi Layar, Kamera, Desain dan perangkat lunak didalamnya.

Perbedaan Ponsel Samsung Galaxy S6 dam IPhone 6

Kedua ponsel diatas sama-sama diciptakan untuk masuk dalam segmen menengah atas, harga yang ditawarkan pun berada pada kisaran 10-12 jutaan. Namun pembahasan kali ini bukan mengenai harga jual kedua smartphone, melainkan spesifikasi komponen pada kedua ponsel pintar diatas.

Layar

Pada Samsung Galaxy S6 masih tetap menggunakan layar super AMOLED. Untuk ukuran layarnya sendiri sebasar 5.1 Inch, resolusi 1440 x 2560 pixels, kepadatan warna yang dihasilkan mencapai 577 ppi.

Sedangkan IPhone 6 memiliki layar dengan ukuran 4.7 inch tipe IPS dengan resolusi 750 x 1334 pixel dan kepadatan warna mencapai 326 ppi.

Untuk spesifikasi pelindung layar, ponsel Samsung Galaxy S6 menggunakan jenis Gorilla Glass 4 dan IPhone 6 lebih mengandalkan lapisan oleophobic.

Pada dasarnya kedua ponsel dalam segi kualitas layar bisa dikatakan seimbang. karena meskipun Apple IPhone 6 menggunakan resolusi 326 ppi, tidak membuat ponsel ini kalah dari sisi kualitas gambar karena kemampuan mata manusia sendiri lah yang sebenarnya membedakan tingkat kepadatan warna.

Kamera

IPhone 6 dalam segi kamera mengandalkan kamera utama 8 MP dengan dukungan fitur-fitur superior seperti phase detection, geo-tagging, simultaneous HD video dan image recording, smile detection, dual LED flash, HDR dan juga memiliki kemampuan untuk merekam video dalam resolusi 1080 pixels pada 60 fps atau 720 pixels pada 240 fps.

Sedangkan Samsung Galaxy S6  dilengkapi dengan kamera 16 MP dengan fitur fast tracking yang mampu membuat fokus pada objek yang bergerak serta kamera belakang dengan 5 MP yang mampu memberikan kualitas foto yang baik bagi anda yang gemar berselfie ria.

Untuk kategori spesifikasi kamera, Samsung Galaxy S6 berhasil mengungguli ponsel IPhone 6 milik pabrikan Apple.

Desain

Samsung Galaxy S6 secara desain dan material yang digunakan mampu mementahan anggapan dari beberapa pengamat ponsel. Kali ini desain pada Samsung Galaxy S6 sendiri memiliki kesan kokoh, solid serta begitu tampak elegan dengan flagship model.

IPhone 6 dengan dimensi 138.1 x 67 x 6.9 mm dan bobot hanya 129 gram, sedangkan Samsung Galaxy S6 memiliki dimensi 143.4 x 70.5 x 6.8 mm dan bobot sedikit lebih besar yaitu 138 gram.

Jika membicarakan desain kedua ponsel tersebut, rasanya cukup berimbang. Mengenai siapa yang paling unggul tentu tergantung pada selera masing-masing pengguna ponsel. 

Jika anda termasuk yang condong pada tampilan casing yang berlapis dengan material kaca tentu akan memilih IPhone 6 sebagai pemenang. Namun jika anda condong pada tampilan casing metal tentu pilihannya akan jatuh pada Samsung Galaxy S6.

Daya tahan baterai

Perbedaan dalam hal kapasitas baterai yang dimiliki. Galaxy S6 memiliki baterai kapasitas 2.550 mAh, sementara Samsung Galaxy S6 kapasitasnya sedikit lebih besar, 2.560 mAh.

Berdasarkan hasil tes uji ketahanan baterai yang dilakukan PhoneArena, Samsung Galaxy S6 bisa mengimbangi ketahanan IPhone 6 untuk kegiatan WiFi browsing, LTE browsing, memutar video, dan memutar musik. Galaxy S6 hanya kalah dengan selisih yang tak jauh dalam beberapa aktivitas ketahanan baterai dibanding iPhone 6 Plus.


Baterai dengan kapasitas yang lebih kecil ini membuat Samsung Galaxy S6 hadir di pasaran dengan desain yang lebih compact dan ringan dibanding varian sebelumnya.

Perangkat Lunak

Dari segi spesifikasi prosesor, keduanya sama-sama hadir dengan prosesor 64-bit octa core, yang terbagi menjadi 2,1 GHz quad-core, dan 1,5 GHz quad-core.
Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Aturan Mengisi kolom komentar dibawah ini :

Diharuskan menggunakan bahasa yang sopan.
Dilarang mengirim pertanyaan yang berbau Spam (diluar kategori bahasan blog).
Tidak diperkenankan memasukkan link aktif maupun non aktif di dalam pesan (kecuali itu permintaan admin).